Selamat Datang di Web Jendela Keluarga Aris Nurkholis - Ratih Kusuma Wardani

Wednesday, September 17, 2014

Sinyo Nakal(Duranta Erecta)

Sinyo Nakal(Duranta Erecta)

Nama              : Sinyo Nakal
Nama Latin    : Duranta Erecta
Jenis              : Tanaman Hias dan Pagar

Keterangan   :
Tanaman yang urnum dibudidayakan hampir di seluruh wilayah Indonesia, baik sebagai tanaman hias maupun untuk pagar. Dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah dari dataran rendah dekat pantai sampai pegunungan, pada ketinggian 5-2.000 m di atas permukaan laut, Berbunga hampir sepanjang tahun dan pemanenan sebaiknya setelah buah masak atau berwarna kuning.
Manfaat :
 
1. Malaria,
“Cuci bersih 20 gram buah sinyo nakal kering, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan airnya tersisa 200 cc. Setelah dingin, saring hasil rebusan. Minum ramua 2-3 kali sehari, masing- masing 200 cc.”

2. Memperlancar peredaran darah, 
“Tiga puluh gram daun sinyo nakal segar dicuci bersih, lalu direbus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa 400 ml. Setelah dingin, saring ramuan. Minum ramuan 2 kali sehari, pagi dan sore.”

Catatan : “Ramuan berbahan sinyo nakal tidak dianjurkan dikonsumsi oleh wanita hamil”
Perawatan Tanaman :
Cara budi daya tanaman ini yaitu dengan perbanyakan tanaman dengan biji atau setek. Pemeliharaannya mudah, perlu cukup air dengan penyiraman yang cukup, menjaga kelembapan, dan pemupukan terutama pupuk dasar. Sinyo nakal menghendaki tempat yang cukup sinar matahari. Tanaman ini dapat tumbuh di ketinggian 5-2.000 m dpl. Tumbuhan ini tidak banyak memerlukan perhatian untuk tumbuh baik. Pemangkasan adalah hal yang perlu diperhatikan karena pertumbuhannya cepat dan mudah membentuk semak yang tebal.

0 comments:

Post a Comment