Wajar bila dalam perjalanan hidup berjamaah, sesekali seorang anggota-kader-simpatisan, merasakan badmood (al-majaz as-salbi). Efeknya bisa beragam: 1. Pasif, tetap bergabung tapi minim kontribusi; 2. Berhenti sejenak, untuk menetralisir suasana; 3. Kritis, dengan tetap mengedepankan etika dan adab berjamaah; 4. Merusak, menebar aib lalu menyerang.
Uniknya, penyikapan terhadap suasana badmood selalu reaktif dan bukan persuasif antisipatif. Katakanlah seorang qiyadah atau pimpinan bukan muhasabah (melihat ke dalam) namu acap menunjuk hidung, mencari kambing hitam, tanpa pernah menyentuh substansi permasalahan. Akhirnya borok kecil yang terus dirojok pun menganga, mengakibatkan infeksi, pendarahan, dan ujung-ujungnya amputasi.
Ada baiknya sebagai kader-kader dakwah, yang tiada lain harapan Indonesia masa depan. Ada baiknya kita menerapkan tarbiyyah dzatiyah untuk diri kita di semua level dan tingkatan pembinaan. Tarbiyah dzatiyah tersebut adalah:
- Tidak memelihara negative thingking.
- Tentukan pilihan: Bahagia berjamaah dan Bahagiakan jamaah!
Prinsip berjamah adalah merangkai amal-amal kebaikan. Tidak fokus pada kritik, pun tidak antikritik. Menawan sebanyak mungkin orang dengan kebaikan-kebaikan. Itulah kebahagiaan!
- Fokus pada hal positif, apapun itu!
- Menutup celah pada waswasil khannas minal jinnati wannaas.
- Istafti qalbaka, dengarkan suara hati.
- Tulis besar-besar 3 hal positif yang kita rasakan saat berjamaah!
Ada baiknya kita tulis, 3 hal positif! Lakukan dengan benar! Tulis dengan stabilo tebal! Hujamkan dalam hati, bahwa badmood itu hanyalah wabah!
Inilah pola tarbiyah dzatiyah yang dilakukan baginda Nabi saw., pola tarbiyah dzatiyah berkesinambungan. Mulai dari Al-Arqam bin Abil Arqam, hingga tarbiyah maidaniyah di medan perjuangan. Tarbiyah yang beliau lakukan, memunculkan mutiara terpendam dari potensi kader-kader dakwah Islam. Tarbiyah itulah yang memoles style dan memperhalus karakter. Semoga!