Selamat Datang di Web Jendela Keluarga Aris Nurkholis - Ratih Kusuma Wardani

Saturday, April 25, 2020

Tugas Kita Berdakwah



🌾Bulir Ibrah dan Hikmah🌾

Dinukil dan diselia dari tulisan
Mohammad Fauzil Adhim, 25 April 2020

***

Hari ketiga #tarawihdirumahsaja ada hal sederhana yang ingin saya ingatkan kepada anak-anak semua. Ini adalah bagian dari upaya saling mengingatkan antar anggota keluarga, bukan karena mau shalat tarawih lalu memberikan kultum.

Satu hal yang saya sangat mengingini anak-anak mengingat dan memeganginya, yakni bahwa tugas kita berdakwah, mengajak manusia ke Allah. Bersungguh-sungguh mengajak manusia kepada agama ini. Dan ini tidak sama dengan ceramah. Tidak setiap ceramah agama itu dakwah dan tidak setiap dakwah itu ceramah. Yang tidak boleh hilang adalah dakwah, dimana pun kita berada, apa pun atribut sosial maupun pekerjaan formal kita.

Runtuhnya Baghdad di zaman keemasan Islam, Andalusia, hingga Guangzhou dan sekitarnya yang dulu menjadi penggerak dakwah ke negeri-negeri lain bukan karena tidak adanya kekuatan militer, bukan pula karena berhentinya majelis ilmu maupun musabaqah dalam urusan agama. Tetapi ketika dakwah terhenti dan ceramah agama tak lagi membawa kabar gembira sekaligus peringatan.

Begitu pula Persia. Negeri yang banyak melahirkan para ulama Ahlussunnah di puncak-puncak berbagai cabang ilmu agama, runtuh bukan karena hilangnya majelis ilmu. Tetapi ketika dakwah melemah. Persia kemudian terbelah menjadi beberapa negara, tetapi wilayah utama yang bernama Iran, kini tak lagi menjadi negeri Ahlussunnah.

Sekelumit cerita tarawih malam ini, di luar suasana tarawih yang beragam selama tiga hari ini. Secara pribadi, ini merupakan gambaran untuk refleksi dalam mendidik anak; apa yang perlu diperbaiki.

0 comments:

Post a Comment